Waspadai Promosi Rokok Berkedok CSR !


Kita bisa hidup tanpa rokok. Bahkan, tanpa rokok, kehidupan kita malah bisa lebih baik. Saya yakin itu ! Sama dengan keyakinan saya bahwa di dunia ini banyak orang yang memiliki keyakinan yang sama akan kebenaran pernyataan tersebut.

Di sekitar Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi saya menjumpai banyak lokasi yang bertuliskan pengingat-pengingat untuk menjauhi rokok. Haramain (dua Tanah Suci) itu memang semakin meyakinkan saya akan kesungguhan mereka menyelamatkan generasi, menyelamatkan kehidupan, dari bahaya rokok.

Setiap upaya, apapun bentuknya, yang bertujuan akhir menyadarkan generasi dari bahaya rokok, maka saya yakin upaya itu merupakan bagian dari jihad. Tak peduli, ada atau tidak ada pengikut, banyak atau sedikit simpatisan, jihad yang satu ini harus tetap kita kobarkan hingga Tuhan memanggil kita untuk mempertanggungjawabkan apa yang kita perbuat di kampung persinggahan sementara ini .

Pernah suatu ketika saya disodori oleh seseorang sebuah pertanyaan: jika Tuhan tidak berkenan hamba-Nya merokok, untuk apa Dia menciptakan tembakau? Sebelum saya jawab, saya sambung pertanyaan tersebut dengan pertanyaan ini: jika Tuhan mengharamkan Babi, untuk apa Dia menciptakannya? 

Pertanyaan di atas kemudian saya jawab sesuai dengan pengetahuan dan keyakinan saya: bahwa itulah esensi ujian. Kita diuji dengan perintah dan larangan, akal kita diuji apakah berfungsi atau tidak dalam mengambil pilihan dalam hidup ini, dan sekaligus akal kita juga dites apakah terbimbing oleh wahyu atau hawa nafsu.

Dan atas setiap  ujian itu, Tuhan menyediakan tempat kembali yang sesuai pula dengan hasil ujian yang telah ditempuh oleh setiap hamba-Nya. Subhanallah, ini sebuah keadilan sekaligus keindahan hidup. Wallahua'lam. (La Ode Ahmad)

Related Posts:

0 Response to "Waspadai Promosi Rokok Berkedok CSR !"

Post a Comment